Topics :

Tuesday 4 August 2015

Makanan Pencegah Penyakit Gondok

Makanan Pencegah penyakit gondok - Gondok merupakan penyakit yang menyerang daerah sekitar leher yang disebakan oleh membesarnya kelenjar tiroid yang memiliki bentuk seperti kupu kupu . Penyakit ini dapat menyerang siapa saja termasuk pria mauun wanita tua maupun muda. 

Makanan Pencegah Penyakit Gondok  


Cara terbaik dan paling di anjurkan agar terhindar dari penyakit gondok adalah dengan mengkonsumsi makanan makanan yang memiliki kandungan atau khasiat mencegah timbulnya penyakit gondok . Berikut ini beberepa makanan yang baik dan dianjurkan untuk di konsumsi secara rutin agar terhindar dari penyakit gondok
  1. Gandum
    Gandum murni seperti beras merah, oatmeal dan barley memiliki banyak kandungan vitamin B dan nutrisi yang dapat meningkatkan metabolisme Anda. Hal ini pada gilirannya dapat merangsang kelenjar tiroid untuk mengeluarkan hormon tiroid.

  2. Bayam
    Sayuran berdaun hijau merupakan sumber makanan yang kaya vitamin, protein, mineral dan yang paling penting, asam lemak omega-3. Sertakan bayam untuk menjaga metabolisme tubuh Anda.

  3. Brokoli
    Sayuran hijau ini dapat mengurangi senyawa-senyawa yang membahayakan fungsi tiroid.

  4. Daging merah
    Daging merah (contohnya sapi) sangat kaya akan zat besi yang sehat untuk tubuh. Namun ingat, penderita tiroid harus memilih daging merah yang rendah lemak.

  5. Telur
    Produk makanan yang berasal dari unggas dan susu sangat baik untuk mengatasi masalah tiroid. Mereka tidak hanya kaya akan kalsium, tetapi juga merupakan sumber zat besi dan yodium.

  6. Hati sapi
    Vitamin B12 dan selenium yang terkandung dalam hati sapi harus disertakan dalam diet sehat Anda untuk menyeimbangkan kekurangan selenium yang pada akhirnya dapat mengobati penyakit tiroid.

  7. Jamur
    Kekurangan selenium merupakan salah satu penyebab munculnya gangguan tiroid. Jamur adalah sumber makanan yang kaya selenium.

  8. Stroberi
    Anda membutuhkan makanan yang mengandung yodium dalam diet Anda untuk membantu tiroid mengelola metabolisme, detoksifikasi, dan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan. Jadi, sertakan makanan kaya yodium seperti stroberi, kentang, yogurt, produk susu, dan kacang.

  9. Tomat
    Vitamin C yang terkandung dalam tomat harus disertakan dalam diet tiroid. Antioksidan dalam tomat juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

  10. Minyak kelapa
    Asam lemak esensial dalam minyak kelapa dapat dengan cepat diubah menjadi energi dan ini bisa mengatur fungsi tiroid. Baca juga khasiat lain dari minyak kelapa dalam artikel Manfaat minyak kelapa bagi kesehatan.
Perlu anda ketahui juga meskipun makanan makanan tersebut baik untuk mencegah penyakit gondok anda tetap saja harus mengatur porsi makannya jangan sampai berlebihan karena segela sesuatu yang berlebihan sangatlah tidak baik.
Baca Juga ==> Ciri Ciri Penyakit Gondok & Tips Obati Gondok Secara Alami

0 on: "Makanan Pencegah Penyakit Gondok"