Topics :

Friday 10 May 2013

Tidur Lama Bikin Remaja Tetap Langsing. Benarkah?


Informasi Kesehatan - Menjaga berat badan akan lebih baik jika dilakukan sejak dini, seperti pada saat remaja. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak waktu tidur yang dihabiskan remaja, semakin kecil kemungkinan mereka kelebihan berat badan.

Hasil tersebut diketahui peneliti setelah mengikuti 1.000 remaja dari Philadelphia sejak tahun pertama SMA hingga kelas tiga. Setiap enam bulan, remaja diminta untuk melaporkan pola tidur mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa tambahan jam tidur setiap malam berkaitan dengan berkurangnya indeks massa tubuh (BMI). Pengurangan BMI ini lebih tinggi pada remaja yang kelebihan berat badan, seperti dilansir oleh US News.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Pennsylvania Perelman School of Medicine ini, peneliti menyarankan agar remaja berusia 18 tahun menambah jam tidur mereka di malam hari dari delapan jam menjadi 10 jam untuk menurunkan berat badan. Diketahui bahwa penambahan dua jam tidur menyebabkan penurunan BMI sebesar empat persen.

Meski penelitian ini mengaitkan waktu tidur dan penurunan BMI, namun peneliti menjelaskan bahwa hasil tersebut tidak menyimpulkan adanya hubungan sebab akibat.


Sumber: merdeka.com

0 on: "Tidur Lama Bikin Remaja Tetap Langsing. Benarkah?"