Topics :

Tuesday 26 February 2013

KHASIAT DAUN SIRIH

Khasiat Daun Sirih 


Pastinya anda tidak asing lagi mengenal daun sirih bukan??? Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Khasiat daun sirih telah teruji secara klinis. Hingga saat ini, penelitian daun sirih masih terus dikembangkan. Daun sirih juga dapat digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka) dan juga sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu. 

Kandungan Dari Daun Sirih

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betlephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Srih juga berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan pendarahan, menyembuhkan pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan pendarahan. 

Manfaat sirih untuk kesehatan kita sangat besar sekali, daun tersebut mengandung zat antiseptik pada seluruh bagiannya,daunnya bisa mengobati berbagai segala penyakit. Begitupun juga banyak manfaat dari daun sirih adalah sebagai berikut : 

  1. Mengobati Batuk 
  2. Mengobati Bronkitis
  3. Menghilangkan Bau Badan 
  4. Menghilangkan Bau Mulut
  5. Sebagai Obat Keputihan 
  6. Obat luka Bakar
  7. Obat Mimisan 
  8. Obat bisul 
  9. Obat Mata Gatal Dan Mata Merah
  10. Obat Gusi Berdarah 
  11. Obat Jerawat
  12. Obat Asma 
  13. Obat Radang Tenggorokan 
  14. Obat Bau ketiak 
  15. Obat Demam Berdarah 
  16. Mengobati Koreng Atau Gatal-Gatal


Sumber :
pantonanews
wikipedia
kompas





1 on: "KHASIAT DAUN SIRIH "
  1. Ternyata daun sirih bukan cuma buat nyirih kakek nenek ya??? sip sharenya.

    ReplyDelete