Topics :

Thursday 7 February 2013

Mengantuk Saat Bekerja

Mengantuk Saat Bekerja

Informasi Kesehatan, Mengantuk saat kerja bisa menjadi hal yang paling mengganggu dan membuat jam kerja terbuang percuma. Hasilnya? banyak pekerjaan yang seharusnya dapat terselesaikan tepat waktu menjadi tertunda bahkan terabaikan. Namun jangan salah, mengantuk saat kerja bisa juga merupakan sebuah kebiasaan atau sinyal negatif yang diberikan tubuh.



Berikut beberapa tips mudah mengusir kantuk saat kerja.

1. Seduh Teh atau Kopi

Setengah cangkir kopi, cola, teh atau minuman ringan berbahan kafein terbukti dapat menstimulasi peningkatan produksi adrenalin dan menghambat zat kimia yang menyebabkan kantuk. Meskipun baik, anda tidak disarankan secara rutin mengkonsumsi kafein karena dapat mendatangkan akibat buruk bagi kesehatan di kemudian hari.

2. Memutar Lagu favorit

Jika tempat anda bekerja memperbolehkan anda mendengarkan musik sembari bekerja, putarlah lagu kesukaan untuk meningkatkan mood dan mengusir kantuk. Di Taiwan, sebuah study menyatakan bahwa seseorang yang mendengarkan musik sebelum mengerjakan ujian cenderung memiliki level konsentrasi lebih tinggi dibandingkan yang tidak mendengarkan musik.

3. Ngemil

Di Tahun 2011, sebuah study menemukan bahwa protein dalam jumlah kecil dapat merangsang sel orexin di orang yang nantinya akan mengirimkan impuls listrik yang membuat pengkonsumsinya tetap waspada dan terjaga.

4. Berdiri dan Isi gelas Kosong anda

Merenggangkan tubuh atau sekedar berjalan dan mengambil air minum terbukti sangat efektif mengusir kantuk. Sempatkanlah membuka jendela atau keluar ruangan untuk menghirup udara segar dan melihat warna hijau dedaunan di depan kantor anda.

5. Konsultasikan diri ke dokter

Bila Anda terus menerus diserang rasa kantuk saat bekerja, konsultasikan pada dokter. Rasa lelah dan mengantuk meski tidak melakukan aktivitas berat, bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, seperti anemia atau sleep apnea.

Bagaimana dengan anda? Punya tips lain mengusir kantuk saat kerja? 

0 on: "Mengantuk Saat Bekerja"